Mau Maskeran Tiap Hari? Biar Gak Salah Simak Dulu 4 Tips Memilih dan Menggunakan Masker Wajah Berikut


Masker wajah sepertinya sedang naik daun. Sebut saja sheet mask asal Korea yang jadi idola, clay mask yang digadang-gadang mampu membersihkan hingga ke pori-pori, dan sleeping mask yang jadi cikal bakal kulit lembap berkilau di pagi hari. Sebelum memutuskan memakai sheet mask setiap hari, coba baca dulu tips memilih dan menggunakan masker wajah setiap hari, di bawah ini:

1. Kenali Kondisi dan Kebutuhan Kulit

Anda harus paham bahwa fungsi utama masker di sini adalah sebagai pelengkap perawatan kulit dasar seperti pelembap, tabir surya dan pembersih. Jadi menggunakan masker harus disesuaikan dengan kebutuhan kulit Anda, apakah untuk melembapkan, mengontrol kadar minyak, membersihkan komedo, atau mencerahkan dan menghilangkan noda sisa jerawat.

Setiap orang punya kondisi kulit yang berbeda, maka untuk perawatan kulit pun harus disesuaikan alias tidak bisa dipukul rata antara satu dan lainnya. Mengenali jenis kulit dan reaksinya pada berbagai jenis produk perawatan wajah adalah langkah pertama Anda untuk memilih ritual pemakaian masker.

2. Ketahui Karakteristik dan Fungsi Masing-Masing Masker

  • Sheet Mask – Setiap kali mengeluarkan lembaran masker dari dalam kemasan, Anda akan disambut essence atau cairan yang kental dan lembap. Maka, seperti tekstur dan kandungan di dalamnya, sheet mask biasanya berfungsi utama untuk memberikan kelembapan, meningkatkan kadar air dan memberikan nutrisi-nutrisi pada kulit. Bentuknya yang menyerupai kompres yang akan melingkupi wajah juga bisa menenangkan kulit wajah yang lelah, kering, atau habis terpapar sinar matahari.


Pemakaian sheet mask setiap hari bisa  membantu menambah kelembapan dan kadar air untuk si kulit kering, sementara untuk Anda dengan kulit berminyak, wah salah dosis malah akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan breakout. Satu trik dari seorang makeup artist asal Korea, ia menyarankan mengenakan sheet mask sebelum mengenakan makeup agar kulit lebih kenyal, lembut dan glowing.

  • Rinse Off/Wash Off Mask – Seperti namanya, masker jenis ini perlu dibilas setelah digunakan. Ada yang harus ditunggu hingga mengering sempurna sebelum dibilas, ada juga yang dibilas setelah setengah mengering, selang beberapa menit. Masker-masker ini, yang awalnya berbentuk pasta, akan menyerap hingga ke dalam pori-pori, gunanya bermacam-macam, ada yang untuk membantu mengangkat sel-selu kulit mati dan kotoran, sekaligus memberikan nutrisi pada kulit.


Cek keterangan pada kemasan untuk mengetahui fungsi bahan-bahan aktif di dalamnya, dan jangan lupa tahan untuk tidak berbicara, apalagi tertawa saat masker mengering, Anda akan membuat masker ‘pecah’ dan garis-garis pecahan dipercaya bisa menyebabkan keriput. Tips untuk si empunya kulit kombinasi, aplikasikan beberapa masker berbeda pada berbagai area wajah Anda, misalnya masker bahan clay di area T-Zone yang berminyak dan masker alpukat di area pipi yang kering.

  • Peel off Mask - Masker yang satu ini, sesuai namanya, memungkinkan Anda untuk mengelupaskan lapisan masker setelah mengering. Biasanya punya fungsi membersihkan hingga ke pori-pori dan mengangkat sel-sel kulitmati, kotoran, juga minyak dari kulit wajah. Namun untuk Anda berkulit sensitif dan kering, atau mungkin punya banyak jerawat, bisa jadi masker ini akan membuat iritasi karena tarikan yang cukup kuat di akhir penggunaan.


  • Leave On/Sleeping Mask – Ini masker yang berfungsi juga sebagai krim malam, digunakan sebelum tidur layaknya mengoleskan pelembap dan dibiarkan semalam agar bahan-bahan aktifnya menyerap dan menutrisi kulit wajah, tanpa perlu dibilas. Biasanya punya fungsi melembapkan dan menambah kadar air pada wajah. Ada juga versi masker untuk melembapkan bibir Anda.


3. Kombinasikan

Apa pun jenis kulit Anda, pada dasarnya kulit tetap perlu dijaga kebersihan, kelembapan, dan kadar airnya. Jadi, saya sarankan untuk mengkombinasikan beberapa jenis masker sesuai kebutuhan kulit. Gunakan rinse off mask dengan paduan sheet mask juga sleeping mask dengan dosis 1-2x setiap minggunya atau lebih, tergantung kondisi kulit Anda. Evaluasi kondisi kulit Anda  setelah satu hingga dua bulan.

4. Komitmen

Seperti rangkaian perawatan kulit yang lainnya, menggunakan masker juga perlu komitmen. Anda akan melihat hasilnya setelah rutin menggunakan. Tips dari saya, bila belum siap atau masih ragu untuk mencoba memakai masker wajah setiap hari, coba dulu dengan dosis 1-2x setiap minggunya. Selamat bereksperimen dengan masker! (irinaM/Womantalk)

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon