Ini Lho 4 Masker Alami Yang Terbukti Ampuh Menyamarkan Pori-Pori Besar di Wajah


Punya pori-pori besar yang terlihat jelas di wajah memang cukup mengganggu penampilan. Kamu menjadi tidak percaya diri dan lebih khawatir akan risiko timbulnya jerawat atau komedo dari kotoran yang masuk dalam pori-pori tersebut.

Beberapa cara bisa dilakukan untuk mengecilkan pori-pori wajah seperti menjaga kebersihan dengan menggunakan facial foam yang cocok dengan kulit, menjaga dari sinar matahari langsung atau memakai sunblock, serta mengurangi makanan berminyak agar produksi minyak di wajah tidak berlebih.

Selain itu mengecilkan pori-pori wajah ternyata juga bisa menggunakan masker alami, selain berfungsi membersihkan dari kotoran dan bakteri, 4 masker alami di bawah ini juga bisa menyamarkan pori-pori wajah yang besar. Mau tahu apa aja bahan dan cara membuatnya? Yuk simak di bawah ini.

1. Masker Putih Telur, Madu dan Air Lemon


Manfaat dari putih telur sudah terbukti bisa mengangkat komedo, mengencangkan kulit, dan menyamarkan pori-pori besar di wajah. Jika ditambah dengan madu dan perasaan lemon akan mampu membersihkan kotoran dan bakteri yang membuat pori-pori wajah tampak besar.

Khasiat dari madu juga bisa mengontrol produksi minyak berlebih pada wajah. Cara membuatnya adalah ambil satu sendok putih telur, satu sendok madu, dan air lemon secukupnya sampai tidak tercium bau amis.

Oleskan pada wajah dengan kuas secara merata dan tunggu sampai 30 menit. Setelah itu bilas dengan sabun wajah hingga bersih.

2. Masker Tomat, Cuka Apel dan Baking Soda


Baking soda dan cuka apel mampu mengangkat kotoran, sel kulit mati, dan bakteri yang menyumbat pori-pori. Namun hati-hati jika jenis kulit wajah kamu sensitif, karena bisa jadi beberapa kandungannya akan menimbulkan iritasi.

Kamu bisa mengurangi jumlah takaran baking soda dan cuka apel jika memiliki kulit yang sensitif. Tambahan dari tomat mampu mengencangkan dan mencerahkan kulit wajah secara alami. 

Cara membuatnya adalah campurkan satu sendok cuka apel, satu sendok baking soda, dan tomat yang sudah diblender atau dihaluskan secukupnya. Oleskan merata pada wajah dengan kuas dan tunggu selama 30 menit. Bersihkan dengan sabun wajah dan bilas hingga bersih.

3. Masker Timun, Lidah Buaya dan Gula Pasir


Lidah buaya dan timun dapat berkhasiat sebagai zat yang mampu mengontrol keluarnya minyak berlebih dan menutup luka pada pori-pori wajah. Kandungan alami yang dimiliki oleh gula pasir mampu mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menyumbat pori-pori.

Selain itu timun dan lidah buaya memiliki kandungan alami untuk memberikan kelembapan pada kulit agar tidak kering. Cara membuatnya adalah campurkan lendir lidah buaya langsung dari daun secukupnya, tambahkan timun yang sudah dihancurkan dan gula pasir (kalau bisa yang masih berwarna coklat atau yang disebut gula tebu dan tidak mengalami proses olahan terlalu lama) secukupnya.

Oleskan pada wajah dengan kuas secara merata dan diamkan selama 30 menit. Bersihkan dengan sabun wajah dan bilas hingga bersih.

4. Masker Oatmeal, Madu dan Susu Bubuk Murni


Kandungan oatmeal yang kaya akan serat akan mempercepat dalam mengangkat kotoran dan menyamarkan pori-pori wajah yang besar. Selain itu tambahan madu dan susu bubuk akan menyeimbangkan kadar minyak pada wajah.

Cara membuatnya adalah campurkan satu sendok oatmeal yang sudah dihancurkan terlebih dahulu, satu sendok madu, dan satu sendok susu bubuk alami. Aduk secara merata dan oleskan pada wajah dengan kuas lalu tunggu sampai 30 menit. Jika sudah, segera bilas hingga bersih dengan menggunakan sabun pembersih wajah.

Meskipun tidak bisa mengecilkan pori-pori wajah secara langsung dan butuh proses, namun masker alami ini terbukti bisa membantu menyamarkan pori wajah yang besar. Hal ini karena khasiatnya sebagai pengontrol minyak berlebih, pengangkat sel kulit mati dan kotoran serta manfaat alami untuk mengencangkan kulit wajah.

Jadi olahan masker ini cukup simple dan bisa digunakan sebagai perawatan facial di rumah kan! (Fajar Laksmita/IDN Times)

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon