Anti Ribet, Begini Langkah Mudah Bikin Masker Rambut Sendiri di Rumah


TIDAK perlu menghabiskan banyak uang untuk merawat rambut. Anda bisa membuat masker rambut sendiri di rumah dari sekarang. Simak penjelasan berikut ini.

Paparan hair dryer, catokan, pewarna rambut, dan bahkan polusi yang Anda lahap setiap hari lama-lama akan membuat rambut Anda rusak dan tampak kusam. Penggunaan sampo dan kondisioner saja tidak cukup untuk merawat rambut Anda. Nah, bagi Anda yang tidak punya cukup waktu untuk melakukan perawatan rambut di salon, tidak ada salahnya mencoba perawatan rambut sendiri di rumah dengan membuat masker rambut alami seminggu sekali. Anda cuma butuh empat bahan, yang mungkin sudah tersedia di dapur rumah. Berikut langkah-langkahnya.

Sebelum membuat masker rambut alami sendiri di rumah, Anda perlu menyiapkan beberapa bahan utamanya terlebih dahulu, di antaranya:


1. Santan

Santan biasanya dipakai untuk memasak berbagai jenis hidangan atau diolah sebagai minuman karena memiliki rasa yang gurih dan agak manis. Namun, tidak hanya untuk masak, santan ternyata bisa digunakan sebagai perawatan rambut alami, lho! Santan kaya akan kandungan antiseptik yang baik untuk mengatasi ketombe, infeksi kulit kepala, gatal-gatal, dan kulit kepala yang kering. Tidak hanya itu, tingginya kandungan asam pada santan juga berkhasiat sebagai pelembap alami bagi kulit sehingga membuat rambut tampak lebih bersinar.

2. Alpukat

Alpukat juga merupakan jenis buah yang dapat diolah menjadi banyak jenis sajian makanan dan beragam perawatan kecantikan. Buah yang kaya kandungan lemak sehat ini, ternyata juga bisa digunakan sebagai masker rambut. Pasalnya kandungan lemak, antioksidan, anti-inflamasi, mineral, dan vitamin A, B, D, dan E dalam alpukat berfungsi untuk menjaga kelembapan rambut, membersihkan kulit kepala dari kotoran, memperbaiki kerusakan folikel rambut, membuat rambut bercahaya dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, kandungan asam folat dalam alpukat juga bekerja sebagai SPF alami untuk rambut dan mendorong regenerasi folikel rambut baru.

3. Madu

Tidak hanya bermanfaat sebagai pemanis alami, nyatanya madu juga memiliki manfaat untuk kesehatan rambut. Madu merupakan zat yang membantu dalam memperbaiki rambut rusak, pencegahan kutikula rusak dan, membuat ujung rambut lembut dan halus. Selain itu, madu memiliki sifat antibakteri, yang membersihkan kulit kepala dari ketombe, mengembalikan keseimbangan pH dan menenangkan setiap ruam kulit kepala. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam madu juga membantu meningkatkan regenerasi folikel rambut baru.

4. Lemon

Lemon baik untuk berbagai jenis kulit kepala dan masalah rambut, termasuk rambut berminyak dan berketombe. Lemon mengandung banyak vitamin penting dan mineral yang meningkatkan kesehatan rambut. Sifat asam dari lemon membantu menyeimbangkan tingkat pH pada kulit kepala dan mengontrol sekresi minyak. Selain itu sari buah lemon juga mengandung antiseptik yang bisa mengatasi gatal.

Cara Membuat Masker Rambut Alami

Setelah mengetahui bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat masker rambut, kini saatnya meracik keempat bahan tersebut menjadi masker rambut yang menyehatkan.

Pertama-tama, campurkan semua bahan sesuai yang sudah dijelaskan di atas dalam satu wadah dengan takaran sebagai berikut.
  • 1 gelas santan kelapa
  • 1 buah alpukat (dihancurkan atau ditumbuk sampai halus)
  • 2 sendok madu
  • 1/2 buah lemon

Setelah keempat bahan tersebut menyatu dengan sempurna, Anda bisa mengoleskannya ke seluruh bagian kepala dan rambut. Lalu, diamkan selama 15-30 menit, dan bungkus kepala Anda menggunakan shower cap. Setelah itu, bilas dengan air hangat suam-suam kuku.

Yang perlu Anda perhatikan setelah melakukan perawatan ini adalah proses pencucian atau pembilasan rambutnya. Karena bahan yang digunakan untuk membuat masker mengandung minyak, maka Anda tidak perlu lagi memakai kondisioner. Pasalnya dengan perawatan ini rambut Anda sudah terhidrasi dengan baik. Demikian dilansir situs Hellosehat. (Agregasi Hellosehat.com/lifestyle.okezone)

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon